Minggu, 11 Januari 2009

Memandang Kabupaten Tulungagung sekilas merupakan daerah terpencil yang tidak bergaung di tingkat nasional, tetapi dibalik itu Kabupaten Tulungagung sebenarnya adalah daerah yang menyimpan pesona keindahan alam yang apik dan pantas untuk dinikmati.

MANTEN KUCING
di Tulungagung terdapat tradisi yang unik yaitu "Manten Kucing",dimana manten kucing ini menikah selayaknya orang-orang pada umumnya adat ini sangatlah penting bagi penduduk tulungagung. Karena kucing bagi penduduk tulungagung merupakan hewan yang dikeramatkan.

TIBAN
Ritual Tiban adalah tari sakral untuk mendatangkan hujan. Di masyarakat pendukungnya, tetesan darah akibat permainan tiban adalah lambang perjuangan yang gigih dalam mencari air, utamanya guyuran hujan yang mutlak diperlukan petani di sawah ladang. Ritual tiban biasanya dilaksanakan di musim kemarau.

JARANAN
Di Kabupaten Tulungagung terdapat beberapa kesenian budaya yang sangat terkenal yaitu jaranan ada beberapa macam jaranan antara lain:jaranan campursari,jaranan senterewe,jaranan pegon,jaranan jawa.

REYOG GENDANG
selain di ponorogo di tulungagung juga tedapat reog, perbedaannya terletak pada alat yang dipakai dimana reog tulungagung menggunakan gendang untuk irama musiknya selain juga untuk sarana penari.

JEMPARING
di Tulungagung juga ada kesenian "JEMPARING AGUNG", kesenian ini hampir sama dengan olah raga memanah.di dalam kesenian jemparing ini orang yang memanah dilakukan dengan cara duduk.
KENTRUNG
Satu-satunya cerita tutur yang khas di Tulungagung dapat kita nikmati dengan melihat pagelaran kentrung. Kentrung dimainkan oleh dua orang, terdiri dari dalang merangkap instrumen gendang dan satu pengrawit merangkap pendukung dalang memainkan instrumen ketipung dan terbang. Satu-satunya kentrung yang masih eksis di Tulungagung adalah Kentrung ja'imah yang beralamat di dukuh Patik desa Batangsaren kecamatan Kauman.
WARANGGANA
Lelanggen Beksa/Tayub Tulungagung berpotensi sebagai sarana pergaulan yang merakyat dan aktual. Di dalamnya terdapat nilai adiluhung "tata krama" dalam pergaulan masyarakat jawa. hampir setiap hari pada bulan baik untuk hajatan di daerah pinggiran tulungagung dapat kita nikmati lelangen beksa/tayub.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar